Sabtu, 09 Juni 2018

8 Perlengkapan Bayi ini Ternyata Berbahaya Jika Digunakan

Dengan adanya promo ramadhan sale tentunya sering dimanfaatkan oleh Anda untuk membeli berbagai perlengkapan. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki seorang bayi, pastinya promo perlengkapan bayi ini tak akan Anda lewatkan. Namun berhati-hatilah saat Anda akan membeli peralatan bayi. Ternyata 8 peralatan ini bisa berbahaya untuk bayi Anda.


1. Talc
Talc merupakan salah satu mineral bubuk yang ditambahkan pada bedak bayi. Mineral yang sering digunakan ini berguna sebagai zat pengering dan dapat menyebabkan iritasi pada paru-paru serta bersifat karsinogenik. Menurut American Academy of Pediatrics zat yang terkandung pada talc ini sangat berbahaya dan tidak dianjurkan untuk menggunakan talc pada sang bayi.

2. Bantal Box Bayi
Box bayi biasanya memiliki bantalan ekstra untuk mencegah kaki bayi tersangkut pada box. Akan tetapi penggunaan bantalan ini tidak dianjurkan untuk bayi berusia di bawah 1 tahun. Menurut AAP, hal ini dapat menyebabkan bayi mengalami kematian karena lemas yang disebabkan bantalan yang tidak tersengaja menutupi wajah sang bayi.

3. Pewangi
Saat Anda membeli pewangi untuk bayi memang harum yang dihasilkan sangat wangi dicium. Tetapi hal ini malah akan menyebabkan sang bayi mengalami alergi serta iritasi pada kulit. Hal ini terjadi karena pewangi pada bayi memiliki campuran bahan kimia berbahaya seperti titanium dioxide, dan methanol formalin.

4. Paraben
Bahan kimia yang satu ini sering Anda jumpai pada lotion atau shampoo bayi. Pastikan saat Anda membeli shampoo atau lotion bayi membaca komposisinya karena bahan kimia ini akan berbahaya untuk bayi Anda. Zat kimia ini dapat menyebabkan gangguan hormon serta iritasi kulit jika penggunaanya melebihi batas.

5. Tudung Box
Kelambu atau sering disebut dengan tudung ini biasanya digunakan agar sang bayi tidak bisa memanjat keluar saat terbangun dari tidurnya. Akan tetapi menurut AAP penggunaan kelambu ini akan berbahaya untuk bayi, karena dalam kelambu mengandung ritsleting atau klip yang dapat membuat bayi Anda terluka.

6. Baby Oil
Baby oil sering digunakan pada bayi. namun bahan dasar dari baby oil itu sendiri terbuat dari minyak mineral yang nyatanya dapat berbahaya bagi kulit sang bayi. Penggunaan minyak mineral ini bisa menyebabkan kekurangan vitamin pada kulit bayi karena minyak tersebut terserap oleh kulit dan diproses oleh hati kemudian mengikat nutrisi yang dapat menyebabkan penyerapan akan tersumbat.

7. Baby Walker
Sering digunakan untuk membantu bayi agar cepat berjalan alat ini justru akan memperlambat sang bayi untuk melakukan langkah mandiri. Bahaya yang ditimbulkan alat ini adalah keamanan yang mungkin bayi akan mengganggu akses bayi.

8. Doorway Jumper
Produk bayi satu ini memang memiliki tali pengaman dan memungkinkan untuk membantu bayi dalam berjalan. Namun Anda harus mengetahui bahwa perlengkapan yang satu ini sangat berbahaya bagi bayi Anda, karena akan membuat bayi tidak dapat mengontrol keseimbangan saat berjalan dan dapat membuat gerakan yang tak terkendali.

Itulah 8 perlengkapan bayi yang dapat membahayakan jika digunakan. Jika Anda ingin membeli peralatan bayi yang aman Anda bisa mengunjungi website orami.co.id. Website ini menyediakan berbagai peralatan bayi yang Anda cari.