Kamis, 26 Juli 2018

Cara Menambah Berat Badan Sehat dan Alami

Jika si kecil tampak lebih kurus di bandingkan dengan seusianya tentu membuat orang tuanya jadi khawatir. Ada beberapa faktor penyebab tubuh anak sangat kurus misalnya bisa dari genetik ataupun nafsu makan anak tersebut. Jika melihat kedua orang tuanya yang memiliki badan subur sedangkan anaknya cenderung kurus maka perlu di selidiki apa penyebabnya. Bunda di wajibkan memberikan asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi serta kalori yang cukup agar si anak pertumbuhannya tidak terhambat.

1. Makan Yang Teratur
Jangan melewatkan waktu makan besar yakni makan pagi, makan siang dan makan malam. Serta berikan camilan sehat diantara makan jam besar tersebut, misalnya camilan pada jam 10 pagi dan pada sore hari. Kalau makan si anak tidak teratur tentu akan berpengaruh pada kondisi fisik sang anak, bisa jadi letih dan lesu. Apalagi jika si anak cenderung yang aktif, maka makan teratur adalah hal wajib agar si anak.

2. Makanan Tinggi Kalori
Untuk orang dewasa rata-rata perhari membutuhkan 2000 kalori bahkan bisa lebih tergantung tinggi dan berat badan. Nah sedangkan anak anak biasanya kalori yang dibutuhkan berkisar kurang lebih 1000 kalori, itu juga tergantung usianya berapa tahun. Dengan menambahkan minimal 300 kalori dari asupan kebutuhannya setiap hari tentu berat badannya juga akan bertambah.

Misalnya si anak membutuhkan 1000 kalori setiap hari, maka hanya perlu memberikan kalori surplus sebanyak 300-500 kalori. Berikan makanan yang tinggi kalori namun rendah lemak. Jikalau makanan berlemak usahakan adalah lemak baik.

3. Beri Multivitamin yang cukup
Jika si anak kekurangan nutrisi seperti vitamin, maka akan sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi vitamin anak. Dengan terpenuhinya vitamin dalam tubuh tentu akan sangat berpengaruh dalam keadaannya sehari-hari. Tapi ingat juga berikan multivitamin yang sesuai dengan usianya serta takaran dan dosis yang pas.

4. Makanan Lemak Baik/Sehat
Makanan yang kaya akan lemak sehat bisa dijadikan menu disetiap harinya. Nutrisi ini juga sangat di butuhkan tubuh apalagi jika si anak cenderung aktif beraktifitas dan bermain bersama temannya. Makanan yang tinggi lemak sehat di antaranya adalah kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, selai kacang.

5. Istirahat Yang Cukup
Meskipun si anak sudah makan banyak dan melakukan hal lainnya yang saya katakan di atas. Kalau istirahatnya kurang tentu program untuk menaikkan berat badannya juga tidak akan berjalan lancar. Istirahat juga sama perlunya dengan makan, karena tubuh membutuhkan istirahat setelah melakukan kegiatan aktif. Jam tidur teratur tentu sangat di perlukan jika ingin menambah berat badannya. Misalnya tidur pada malam hari minimal 6 jam dan tidur siang berkisar 1-2 jam saat siang hari.